Universitas Terbaik Di Taiwan – Taiwan merupakan salah satu negara yang sangat mendukung adanya mahasiswa Internasional di universitas negerinya. Bahkan di tahun 2020 pemerintah Taiwan menargetkan untuk mendapatkan mahasiswa Internasional sebanyak 150.000.

Tak heran jika program beasiswa untuk jenjang sarjana maupun pasca sarjana bagi mahasiswa internasional atau di luar Taiwan sangat mudah di temui.

Universitas Terbaik Di Taiwan

National Taiwan University (NTU)

Universitas yang berlokasi di Distrik Da’an, Taipei, ini merupakan universitas paling bergengsi dan prestisius di Taiwan. Universitas ini masuk ke dalam jajaran universitas terbaik dunia yang terdiri dari 11 fakultas, 56 jurusan, 112 institusi pasca sarjana, dan 4 pusat penelitian.

Didirikan pada tahun 1928, universitas ini telah menghasilkan alumni yang luar biasa seperti Tsai Ing-Wen, presiden RC saat ini. Terhitung pada 2016, terdapat 16.499 lulusan S1, dan 15.284 pasca sarjana dari Universitas ini.

National Tsing Hua University (NTHU)

Universitas yang memiliki 4 fakultas, 17 jurusan dan 22 institusi penelitian ini didirikan pada tanggal 30 Maret 1911. Di universitas ini terdapat satu fakultas ilmu Nuklir yang berfokus terhadap pengaplikasian tenaga nuklir secara bijak dan aman.

Universitas yang terletak di Hsinchu ini, memberikan jumlah dana yang besar dalam program beasiswa dan bantuan pendidikan. Setiap tahunnya lebih dari enam ratus mahasisa S1 dam ratusan mahasiswa S2 mendapatkan bantuan pendidikan terkait pendampingan pengajaran dan penelitian.

National Cheng Kung University (NCKU)

Berlokasi di Distrik Timur, Tainan, Universitas yang mendapat peringkat kedua di seluruh Taiwan pada tahun 2018 ini. Terdiri atas 9 fakultas, 43 jurusan, dan 39 institusi.

Universitas yang terkenal akan keunggulan pada bidang teknik, ilmu komputer, obat dan perencanaan serta desain ini menghasilkan banyak notable alumni. Beberapa diantaranya merupakan menteri, profesor, dan ilmuan.

National Chiao Tung University (NCTU)

Salah satu universitas yang mempelopori penelitian publik ini berdiri sejak tahun 1896. Terhitung sejak tahun 2006 hingga 2010, terdapat sekitar 336 paten yang diperoleh universitas tersebut.

Menempati urutan pertama di seluruh universitas di Taiwan. Beberapa jurusan yang menjadi unggulan NCTU yaitu Kimia Aplikatif, Bisnis dan Manajemen, Ilmu Komputer, dan Teknik Elektro.

Notable alumni dari universitas ini beberapa diantaranya Robert H. Rines, penemu radar dan sonar Stan Shih, pendiri Acer Group Jack Kilby, penerima Nobel di bidang Fisika dan Edward Yang, sutradara film.

National Taiwan Normal University (NTNU)

Universitas yang berfokus pada bidang pendidikan ini adalah salah satu yang terkenal dengan Pusat Pelatihan Mandarin-nya. Terdiri atas tiga kampus, yaitu Kampus Da’an (kampus utama) yang merupakan pusat gedung Administrasi, Perpustakaan Pusat, Gedung Pertunjukan Musik dan Sastra, Gedung Bahasa, dan Pusat Atletik) Kampus Gongguan (pusat kampus ilmu sains), serta Kampus Linkou dan kampus perpustakaan universitas yang menyelenggarakan kegiatan pasca sarjana dan doktor.