Universitas Terbaik Di Negeri Gajah Putih Thailand

Universitas terbaik di Thailand – Selain Malaysia & Singapura, sebaiknya kamu jangan cuma meriset universitas disana saja. Soalnya, Thailand kini telah menjadi salah satu destinasi studi yang juga patut kamu pertimbangkan. Simak info universitas terbaik di Thailand berikut

Pemerintah Thailand terbilang sangat peduli pada pendidikan. Jadi sektor pendidikan tinggi di Negeri Gajah Putih ini mendapatkan pendanaan yang cukup besar dan bisa menarik para pengajar terbaik dari berbagai belahan dunia. Selain itu, banyak universitas di Thailand juga menawarkan program studi internasional yang diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Biaya hidup kuliah di Thailand juga cukup terjangkau.

Saat ini, Pemerintah Thailand telah mempersiapkan berbagai kebijakan dan infrastruktur untuk menjadikan Thailand sebagai pusat bisnis Asia Tenggara. Karena itu, negara ini bisa dikatakan memiliki banyak prospek kerja menarik untuk para mahasiswa internasional.

Simak beberapa universitas terbaik di Thailand! Siapa tahu kamu nanti berkesempatan untuk kuliah di salah satu universitas di bawah ini.

1. Chulalongkorn University

Berada di urutan pertama Chulalongkorn University (CU) berhasil menduduki posisi nomor 1 di Thailand selama 10 tahun berturut-turut dalam QS World University Rankings 2023. Selain itu, QS Graduate Employability Rankings juga menilai bahwa para lulusan CU memiliki kesiapan kerja terbaik di Thailand.

CU menawarkan 99 program international – 17 di jenjang S1, 48 di jenjang S2, dan 34 di jenjang S3. Beberapa alumni ternama dari Chulalongkorn adalah Pachara “Peach” Chirathivat, Suppasit “Mew” Jongcheveevat, dan Putri Sirivannavari Nariratana Rajakanya (anak Raja Vajiralongkorn).

Dalam perkembangannya hingga kini Chulalongkorn University memiliki Sembilan belas Fakultas mulai dari Faculty of Arts, Faculty of Education, Faculty of Medicine, hingga Faculty of Sports Science. Selain itu Chulalongkorn University juga memiliki tiga kolese yaitu College of Population Study, College of Public Health Sciences, dan The Petroleum and Petrochemical College.

Tak hanya itu, terdapat empat belas institut, dan belasan pusat studi lainnya yang ditawarkan oleh universitas Chulalongkorn. Tak salah bila Chulalongkorn University kokoh menempati posisi teratas sebagai universitas terbaik di negeri Gajah Putih .

2. Mahidol University

Di posisi kedua universitas terbaik di Thailand adalah Mahidol University. Universitas yang mulanya didirikan sebagai University of Medical Science pada 1943 silam ini mampu menampung lebih dari 24 ribu mahasiswa.

Hingga kini, Mahidol University menawarkan tujuh belas fakultas mulai dari Faculty of Engineering, Faculty of Information and Communication Technology, Faculty of Liberal Arts, hingga Faculty of Tropical Medicine.

Jurusan kedokteran di Mahidol University (MU) telah memiliki reputasi yang sangat baik. Uniknya, MU memiliki 2 fakultas kedokteran, yaitu Fakultas Kedokteran RS Siriraj dan Fakultas Kedokteran RS Ramathibodi.

MU dikenal sebagai universitas negeri dengan anggaran terbesar di Thailand untuk program-program penelitiannya.

MU adalah universitas negeri pertama di Thailand yang meluncurkan program internasional. Semua program internasional di MU kini disatukan di satu kolese khusus – Mahidol University International College (MUIC)

3. Thammasat University

Thammasat University (TU) diresmikan pemerintahan kerajaan pada 27 Juni 1934. TU sekaligus menjadi unitversitas tertua kedua setelah Chulalongkorn University. TU memiliki 3 kampus di Bangkok, Rangsit, dan Pattaya.

Bidang studi terpopuler di Thammasat adalah ilmu sosial dan ilmu pengetahuan budaya. Karena itu, proses seleksi mahasiswa baru untuk dua bidang studi ini sangat ketat di Thammasat University.

TU adalah universitas pertama di Thailand yang menawarkan program internasional untuk jurusan bisnis dalam bahasa Inggris.

4. Chiang Mai University

Universitas yang berlokasi Thailand utara ini didirikan sejak 8 Juni 1964. Chiang Mai University (CMU) adalah universitas riset negeri yang memiliki fokus kuat pada bidang studi Teknik, Sains, Pertanian, dan Kedokteran.

Sebagian besar mahasiwa di CMU adalah mahasiswa pascasarjana.
CMU menawarkan 2 program internasional di jenjang S1 serta 18 program internasional di jenjang S2 & S3. Pengajaran di semua program tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Dalam perkembangannya kini, universitas pertama di Provinsi ini telah memiliki lebih dari 35 ribu mahasiswa local dan internasional dengan jenjang pendidikan mulai dari sarjana hingga doctoral. Dalam QS Asia University Rangkins for Thailand 2019, Chiang Mai University berhasil menjadi yang terbaik dan menempati rangking 4.

5. Kasetsart University

Kasetsart University (KU) adalah universitas pertanian tertua dan juga universitas terbesar di Thailand. Jurusan-jurusan kuliah yang populer di Kasetsart antara lain adalah Manajemen Hotel dan Pariwisata, Ekonomi, dan Ilmu Komputer.

Dalam perkembangannya, Kasetsart University telah menampung lebih dari 72 ribu mahasiswa yang tersebar dalam 20 fakultas. Mulai dari Faculty of Forestry, Faculty of Fisheries, Faculty of Veterinary Technology, Faculty of International Maritime Studies, hingga Faculty of Natural Resources and Agro-Industry. Tak hanya itu, Kasetsart University juga menawarkan beragam pilihan program studi dalam International Programmes untuk jenjang sarjana dan pasca sarjana.

KU telah menghasilkan banyak alumni ternama, seperti Putri Chulabhorn (adik dari Raja Vajiralongkorn), Nat “Natthew” Thewphaingam, dan Krit “PP” Amnuaydechkorn.

Itulah tadi beberapa universitas terbaik di negeri gajah putih Thailand! Gimana sudah tertarik kah kamu untuk kuliah di Thailand?