Universitas Terbaik di Jerman Dan Programnya

Universitas Terbaik di Jerman  – Jerman merupakan salah satu negara di benua Eropa yang terkenal akan sistem pendidikannya yang luar biasa. Hal ini dilihat dari konsep inovatif pembelajaran, fasilitas canggih, dan faktor pendukung lainnya. Jadi tidak heran jika Jerman menjadi salah satu tujuan favorit bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri.

Jika kamu termasuk salah satu dari mahasiswa tersebut. Sebagai langkah awal dalam perencanaan studimu di Jerman, kamu bisa menggunakan Times Higher Education World University Rankings untuk mencari universitas terbaik di sana.

Yuk kita intip universitas-universitas apa saja yang terbaik di Jerman.

1. Technische Universitat Munchen

Peringkat pertama dari daftar universitas terbaik di Jerman adalah Technische Universität München. TUM ini didirikan pada tahun 1868 dan masuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia dan berada pada rangking 50.

Institusi pendidikan tinggi ini memiliki spesialisasi di bidang studi teknik, teknologi, kedokteran, ilmu alam, dan sains terapan. Selain di Munich, TUM memiliki kampus cabang di Garching, Freising, Heilbronn, Straubing, dan Singapura. TUM juga di anugerahi gelar “University of Excellence”.

2. Ludwig-Maximilians-Universität München

Universität München. Universitas ini berada di peringkat ke 63 dalam jajaran universitas terbaik di dunia pada tahun 2021.

Ludwig-Maximilians-Universität München atau LMU dibangun pada tahun 1472 dan merupakan salah satu universitas tertua di Jerman yang masih beroperasi.

Universitas ini telah menghasilkan sekitar 40 pemenang penghargaan Nobel dan berhasil meraih gelar “University of Excellence” di Jerman. Sekitar 17% mahasiswa di LMU adalah pelajar internasional.

3.University of Heidelberg

Menempati peringkat 64 sebagai universitas terbaik di dunia. Kini universitas yang berdiri pada tahun 1386 menempati peringkat ke 3 dari universitas terbaik di Jerman. Universitas ini berada di kota Heridelberg, Jerman.

Universitas ini konon berperan besar dalam memperkenalkan psikiatri dan sosiologi modern sebagai cabang ilmu ilmiah. Tiap tahunnya, sekitar 1.000 mahasiswa di Heidelberg berhasil menyelesaikan program doktoral dan sepertiganya berstatus pelajar internasional.

4.Humboldt University Berlin

Berdiri pada tahun 1809, Humboldt University Berlin adalah institusi pendidikan tinggi yang memiliki ruputasi sangat baik untuk jurusan seni dan ilmu pengetahuan budaya.

Universitas ini juga dikenal di seluruh dunia sebagai pelopor pendidikan holistik yang memadukan pengajaran dengan penelitian. Beberapa alumni ternama dari universitas ini adalah Felix Mendelssohn, Karl Marx dan Friedrich Engels.

5. Free University of Berlin

Free University of Berlin adalah salah satu unversitas riset elit di Jerman. Almamater Gita Savitri ini juga dikenal unggul dalam pengajaran ilmu politik dan ilmu pengetahuan budaya. Sekitar 13% mahasiswa S1 dan 28% mahasiswa S2 di Free University of Berlin adalah pelajar internasional.