Universitas Terbaik di Jepang – Universitas terbaik sering kali menjadi acuan para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Jepang, sangat di perlukan untuk mencari banyak informasi mengenai perguruan tinggi yang bisa dipilih.

Selain keindahan alam dan budaya yang khas di Jepang, mutu pendidikan dan dukungan yang tersedia bagi mahasiswa di sana juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar internasional.

Mau tahu universitas mana saja yang paling dijagokan di Jepang? Simak saja daftar di bawah ini

1. UNIVERSITY OF TOKYO

Universitas yang telah berumur 117 tahun ini adalah universitas penelitian negeri ternama di Jepang, dan juga merupakan anggota pertama dari Tujuh Universitas Nasional. Fakultas Seni Liberal dan Sains universitas ini menawarkan program-program S1 dalam bahasa Inggris. Selain itu, ada beberapa program S2 bidang Ekonomi, Ilmu Lingkungan dan Teknik juga disampaikan dalam bahasa Inggris. Selain fasilitasnya yang lengkap, University of Tokyo juga menawarkan bantuan dana kuliah, beragam beasiswa dan dukungan karir bagi mahasiswa internasional.

2. KYOTO UNIVERSITY

Kyoto University juga merupakan anggota Tujuh Universitas Nasional di Jepang. Untuk jurusan Teknik Sipil Universitas ini menawarkan program S1 dalam bahasa Inggris. Program S2 jurusan Manajemen Lingkungan dan Informatika Sosial juga ditawarkan dalam bahasa Inggris. Kyoto University menyediakan beasiswa, dukungan karir dan akomodasi bagi mahasiwa internasional.

3. TOKYO INSTITUTE OF TECHNOLOGY

Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech) adalah universitas negeri di Jepang yang telah berusia lebih dari 130 tahun. Universitas ini memiliki sekitar 1,200 mahasiswa internasional. Universitas yang memiliki 3 kampus ini juga menawarkan satu program S1, dan beberapa program S2 dan S3 dalam bahasa Inggris. Selain disediakan beasiswa, Tokyo Tech juga menyediakan layanan dukungan yang lengkap bagi mahasiswa.

4. OSAKA UNIVERSITY

Osaka University adalah salah satu anggota dari Tujuh Universitas Nasional di Jepang yang berhasil masuk daftar ini. Universitas ini memiliki lima institut penelitian dan dosen-dosen ternama. Dua program S1 disampaikan dalam bahasa Inggris, dan untuk jenjang S2 tersedia lima program kuliah dalam bahasa Inggris. Kampus-kampusnya terletak di Suita, Toyonaka, dan Mino. Universitas ini juga menyediakan beasiswa dan pembebasan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional yang memenuhi syarat.

5. TOHOKU UNIVERSITY

Tohoku University juga merupakan salah satu universitas negeri yang menjadi bagian dari Tujuh Universitas Nasional. Universitas ini menawarkan tiga program S1 dan beberapa program S2 dalam bahasa Inggris. Tohoku University memiliki lima kampus di mana kamu bisa menemukan museum, perpustakaan, tempat konferensi, panggung pertunjukan, taman-taman dan sebuah rumah sakit.

6. NAGOYA UNIVERSITY

Nagoya University adalah universitas yang berfokus pada penelitian. Universitas ini menawarkan program-program S1 dalam bahasa Inggris untuk beberapa jurusan. Yakni Teknik Otomotif, Kimia, dan Ilmu Sosial. Program S2 yang ditawarkan dalam bahasa Inggris termasuk Kedokteran, Fisika, Matematika dan Studi Budaya Jepang di Asia. Selain fasilitas dan layanan dukungan mahasiswa yang lengkap, Nagoya University juga menawarkan hibah penelitian dan beasiswa.