Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia

Universitas Jurusan Teknik Informatika – Jurusan Ilmu Komputer menjadi salah satu jurusan teknik yang banyak dipilih siswa. Jika tertarik mendalami bidang IT, kampus-kampus berikut ini memiliki jurusan Ilmu Komputer terbaik di Indonesia.

Lulusan bidang IT mulai banyak dicari oleh perusahaan. Bahkan menurut Forbes, tahun 2022, bidang IT menjadi salah satu bidang pekerjaan yang banyak dicari.

The World University Rankings (THE WUR) telah merilis daftar jurusan ilmu komputer terbaik di dunia dan Indonesia melalui skema World University Rankings 2022 by subject: computer science.

Selain dalam skala global, THE WUR by subject 2022 bisa dilihat dalam skala tiap negara seperti universitas terbaik di Indonesia.

THE WUR menggunakan lima indikator dalam menentukan peringkat jurusan dan universitas terbaik yaitu: citations, industry income, international outlook, research, dan teaching.

Jurusan IT terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia memang kerap kali disebut sebagai universitas terbaik di Tanah Air. Begitu pula dengan jurusan IT-nya yang dapat menjadi pilihan terbaik.

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Ranking (QS WUR) 2022 di bawah subjek Computer Science and Information Systems 201-250, UI menjadi kampus di Indonesia yang punya jurusan IT terbaik.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung juga memiliki jurusan IT terbaik di Indonesia. QS WUR 2022 bahkan menempatkan ITB di peringkat universitas 251-300 dari seluruh dunia.

Teknik Informatika ITB juga sudah ada sejak tahun 1982, membuktikan bahwa jurusan ini sudah lama berdiri dan mempunyai prestise yang tinggi.

Apabila ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan magister, ITB juga menyediakan program studi Teknik Informatika di bidang rekayasa perangkat lunak.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada juga menjadi salah satu universitas favorit incaran calon mahasiswa di Indonesia.

Hampir semua program studi yang ditawarkan UGM mempunyai kelebihannya masing-masing, termasuk program studi Teknologi Informasi. QS WUR 2022 menempatkan universitas ini di peringkat 301-350 sebagai universitas terbaik di bidang IT.

Program studi Teknologi Informasi UGM juga sudah mendapatkan akreditasi nasional (A), dengan sejumlah fasilitas pendukung pembelajaran seperti lab berbasis kemitraan.

4. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia juga terdapat di Universitas Bina Nusantara atau yang sering disebut dengan Binus. Perguruan tinggi yang letaknya ada di Bandung, Jakarta, beserta Malang ini memang menyediakan jurusan teknik informatika. Kampus ini sudah terkenal dengan tenaga pendidiknya yang profesional serta menyediakan fasilitas yang memadai.

Oleh karena itu, ribuan calon mahasiswa berbondong-bondong untuk dapat masuk ke kampus ini. Terutama pada jurusan teknik informatika, karena memang jurusan tersebut salah satu jurusan yang bergengsi di sana. Selain itu, sudah terbukti banyak lulusan dari Binus yang mudah dalam mendapatkan pekerjaan.