Tips Ampuh Masuk Universitas Top Dunia Seperti Harvard atau Standford

 

Universitas Top Dunia – Seperti yang kita ketahui, Maudy Ayunda adalah salah satu selebritas yang berhasil meneruskan pendidikan magister di dua universitas top dunia tersebut. Yakni Harvard dan Standford.

Setelah lulus dengan predikat cumlaude dari Universitas Oxford. Penyanyi tersebut pun menghebohkan dunia maya dengan kegalauannya dalam memilih salah satu di antara keduanya.

Untuk dapat di terima di universitas yang top seperti Maudy Ayunda tentu nya bukanlah hal yang mudah. Kamu harus memiliki latar belakang akademis yang baik dan juga harus memenuhi beberapa syarat.

Berikut beberapa rangkuman tips ampuh dari Time Higher Education agar bisa di terima di universitas ternama.

1. Mendaftar

Tentu saja hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar. Setiap tahunnya universitas top seperti Harvard, Standford, Oxford, dan Cambridge mendapatkan calon mahasiswa potensial kuliah disana. Pastikan juga jurusan yang dipilih memang sesuai keinginan. Ketertarikan seseorang akan jurusan yang dipilih bisa dilihat dengan jelas dari cara orang tersebut mendaftar beserta esai yang di buat.

2. Nilai Yang Bagus

Salah satu syarat agar di terima di universitas ternama adalah memiliki nilai yang bagus. Setiap calon mahasiswa akan di lihat terlebih dahulu latar belakang nilai ujian yang di dapatkan semasa sekolah SMA sebelum di terima. Dan juga beberapa tes tambahan dari tempat kursus. Selain itu, beberapa universitas membutuhkan beberapa hasil tes tambahan seperti ketergantungan obat, perilaku hukum yang baik dan tes penerimaan berpikir kritis.

Hasil tes ini bukan menjadi acuan utama yang menentukan diterima atau tidak. Hasil tes nantinya akan di bandingkan dengan formulir pendaftaran yang diajukan. Jika hasilnya lebih rendah dari yang seharusnya, pihak selektor akan mempertanyakan dan kamu diwajibkan untuk menjawab dengan jelas.

3. Pengetahuan

Beberapa universitas top di Amerika sangat selektif dan mencari mahasiswa yang lebih dari sekedar nilai bagus. Mereka mencari mahasiswa yang memiliki pengetahuan luas dan memiliki kemampuan di luar akademis yang dapat membuat pengalaman universitas menjadi berkembang. Seperti di bidang olahraga, lingkungan hidup, organisasi, dan masih banyak lagi. Jika kamu memiliki prestasi unik di luar sekolah maka akan memberikan nilai tambah.

4. Menunjukan Ketertarikan Pada Universitas

Ketika sudah memilih jurusan yang ingin di tuju di salah satu universitas top di dunia. Kamu harus meyankinkan selektor bahwa kamu benar-benar serius dan bersemangat untuk menjalani kuliah tersebut. Keseriusan ini bisa di lihat dari sesi wawancara ataupun esai yang biasa di lampirkan pada formulir pendaftaran.

5. Menjadi Diri Sendiri

Disatu sisi memang kamu harus membuat kesan yang baik secara akademis, tapi jangan berlebihan. Selektor bisa mengetahui apakah ada kesan yang kamu lebih-lebihkan atau tidak. Misalnya, jika belum pernah memenangkan lomba akademik apapun, jangan mengaku hal tersebut ke selektor. Proosikan diri sesuai kepasitas.

6. Terorganisir

Biasanya pendaftaran harus di lakukan sebelum November. Artinya, semua persyaratan sudah harus di selesaikan sebelum November. Sehingga penting untuk mengatur waktu yang tepat agar semua berkas dan persyaratan bisa dilengkapi dengan baik.