Syarat Pendaftaran Di Harvard University – Pendaftaran Harvard University sudah menjadi perhatian besar bagi para pelajar dari berbagai belahan dunia yang ingin memperoleh gelar sarjana dari universitas di Amerika ini.

Berdiri pada tahun 1636, Harvard University merupakan lembaga perguruan tinggi tertua yang menjadi rumah bagi 360.000 alumni yang masih hidup di Amerika Serikat dan di 190 negara lain, termasuk 62 miliarder, 359 mahasiswa penerima beasiswa dan 8 presiden Amerika Serikat.

Hampir semua fakultas di Universitas ini mempunyai keunggulan pada bidang penelitian dan mengajar sekaligus mempelajari batas pengetahuan manusia. Apabila kamu tertarik belajar di universitas ini, maka sangat penting untuk mengetahui apa saja syarat pendaftaran Harvard University.

Daftar Syarat Pendaftaran Di Harvard University


Pertama- tama yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana pendidikan kamu lebih mudah di Harvard University dengan memperoleh informasi terbaru tentang perkuliahan. Sebaiknya lakukan pula konsultasi universitas luar negeri dengan menghubungi ICAN education Consultant.

Banyak hal yang bisa kamu tanyakan terkait kuliah di Harvard University termasuk bagaimana kehidupan disana maupun kampus dan pilihan jurusan. Berikut adalah informasi dan syarat apa saja yang bisa kamu gunakan langsung dari situs resmi Harvard:

1. Aplikasi

Harvard University menerima aplikasi umum dan aplikasi koalisi. Sehingga yang harus kamu lakukan adalah melengkapi dan mengumpulkan seluruh berkas tersebut secara lengkap. Apabila kamu menggunakan aplikasi umum, maka kamu harus mengumpulkan aplikasi tersebut dengan adanya berkas seperti ijazah juga rapor sekolah.

Sampai kamu mengumpulkan seluruh aplikasi tersebut maka tidak ada informasi apapun yang akan diterima oleh tim admisi Harvard. Setelah selesai mengumpulkan aplikasi, tinggal menunggu email konfirmasi dengan sebuah PIN agar kamu bisa masuk dalam portal pendaftaran mahasiswa baru.

Biasanya email konfirmasi aplikasi akan dikirimkan pada pertengahan September setiap tahunnya. Kamu bisa saja menerima email konfirmasi tersebut sesudah saat mengumpulkan aplikasi secara online, biasanya membutuhkan waktu 2 minggu.

2. Selesaikan biaya administrasi

Biaya pendaftaran bisa dibayar secara online dengan menggunakan credit card. Atau bisa langsung menyelesaikan pembayaran pendaftaran ke bagian admisi Harvard college di alamat berikut:

Harvard College Admissions

86 Brattle Street, Cambridge, MA 02138.

3. Rapor sekolah dan surat rekomendasi guru

Disaat kamu mendaftar, konselor sekolah akan mengirimkan transkrip termasuk nilai rapor sehingga bagian admisi bisa meninjau performa akademik. Dan harus meminta dua guru mata pelajaran berbeda yang mengetahui kamu secara baik untuk mengisi formulir evaluasi guru.

Surat rekomendasi tambahan juga dapat kamu lakukan setelah mengumpulkan aplikasi. Pada bagian email konfirmasi aplikasi, kamu bisa menggunakan link khusus untuk mengirim hal tersebut kepada recommender.

Harvard University juga mewajibkan pendaftaran dengan syarat ijazah dan transkrip nilai dengan batas waktu 1 Juli. Pihak konselor sekolah harus mengirimkan transkrip dan ijazah tersebut.

4. Skor tes standardisasi

Untuk periode 2021-2022, mahasiswa tidak perlu mencantumkan skor tes standardisasi. Apabila ingin mengumpulkan tes standardisasi maka harus melampirkan SAT/ACT dengan atau tanpa komponen writing.

5. Syarat tambahan

Hal yang bisa kamu lakukan agar bisa di evaluasi oleh fakultas adalah menggunakan karya, rekaman musik, atau hasil pencapaian akademik lainnya. Berkas tambahan ini merupakan syarat opsional yang dapat membantu dalam memutuskan penerimaan mahasiswa.

Biaya Hidup Kuliah Harvard University

Setelah mengetahui seperti apa cara mengurus pendaftaran di Harvard University. Penting juga untuk mempelajari berapa biaya hidup ketika kuliah di Amerika.

Biaya hidup di Amerika Serikat berdasarkan rata-rata nasional 100. Yang artinya, apabila indeks biaya hidup dalam suatu daerah kurang dari 100 maka bisa dikatakan bahwa biaya hidupnya tergolong terjangkauj jika dibandingkan dengan rata-rata biaya kehidupan di Amerika Serikat. Tempat tinggal biaya barang dan biaya jasa merupakan sdalah satu faktor yang mempengaruhi besaran biaya hidup di berbagai kota Amerika Serikat.

Jika tinggal di Cambridge, Massachusetts selama menjadi mahasiswa Harvard University, maka biaya hidupnya 72% lebih mahal dibandingkan dengan indeks rata-rata nasional. Kamu harus membagi keuangan dengan total 9% untuk biaya transportasi, 10% untuk perlengkapan, 30% untuk biaya akomodasi, 33% untuk barang dan jasa, 13% bahan makanan, juga 5% perawatan kesehatan.

Biaya hidup selama menjadi mahasiswa Harvard juga sangat bergantung pada gaya hidup dan selera masing-masing orang. Kamu bisa menghabiskan hingga $30.000 apabila memilih tinggal di Universitas selama 1 tahun.