Sejarah Dan Tujuan Di Bentuknya ASEAN

Tujuan Di Bentuknya ASEAN – Association of Southeast Asian Nations merupakan organisasi antar negara kawasan Asia. ASEAN juga sering disebut sebagai Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA).

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Pembentukkannya sendiri diprakarsai oleh lima negara yaitu, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura dan Indonesia. Penandatangan Deklarasi Bangkok menjadi dasar berdirinya ASEAN.

Hingga pada saat ini, terdapat sepuluh negara yang tergabung dalam ASEAN. Sebelum kita membahas daftar negara tersebut, ada kalanya kita mengetahui terlebih dahulu awal mula pembentukkan ASEAN.

Sejarah ASEAN

Mengutip laman resmi Sekretariat Nasional ASEAN, latar belakang terbentuknya ASEAN adalah adanya keinginan kuat pada pendirinya untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera.

Hal tersebut mengemuka akibat perang dingin antara Amerika Serikat dengan Rusia, yang secara tidak langsung memberi dampak stabilitas keamanan terhadap negara-negara Asia Tenggara.

Lalu pada era 1960-an kawasan Asia Tenggara dihadapkan dengan situasi rawan konflik. Yaitu perebutan pengaruh ideologi negara-negara besar dan konflik antara negara di kawasan. Apabila di biarkan, hal tersebut jelas dapat menganggu stabilitas kawasan sehingga menghambat pembangunan.

Setelah menemukan kesamaan, akhirnya pada tanggal 8 Agustus 1967 negara pendiri memutuskan untuk bertemu di Bangkok. Untuk membahas berbagai persoalan dan solusi untuk masalah yang timbul di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN di bentuk karena adanya persamaan latar belakang antara negara-negara anggota. Mengutip dari buku Mengenal ASEAN dan Negara-negaranya yang disusun oleh Tri Prasetyono, berikut merupakan beberapa persamaan yang dimiliki negara-negara-negara anggota ASEAN.

  • Sama-sama terletak di kawasan Asia Tenggara.
  • Negara-negara di kawasan Asia Tenggara sama-sama pernah dijajah oleh bangsa barat.
  • Memiliki kepentingan mencegah pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.
  • Mempunyai dasar kebudayaan Melayu Austronesia.
  • Mempunyai kepentingan dalam menangani berbagai permasalahan di bidang politik, ekonomi, sosial serta budaya.

Tujuan ASEAN

Deklarasi Bangkok berisi tujuan pembentukan ASEAN dan di tandatangani oleh lima menteri luar negeri pendiri ASEAN. Yakni Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman dari Thailand.

Adapun tujuan pembentukkan ASEAN seperti yang tercantum dalam Deklarasi Bangkok adalah untuk:

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan negara-negara Asia Tenggara.
  • Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.
  • Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan administrasi.
  • Saling memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitian pada bidang pendidikan, kejuruan, teknik dan administrasi.
  • Bekerja sama secara lebih efektif untuk mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri, dan perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditas internasional, perbaikan pengangkutan dan fasilitas komunikasi serta meningkatkan taraf hidup rakyat.
  • Meningkatkan studi tentang masalah-masalah di Asia Tenggara.
  • Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.

Daftar Negara Anggota Asean

1. Indonesia masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
2. Malaysia masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
3. Thailand masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
4. Filipina masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
5. Singapura masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
6. Brunei Darussalam masuk pada tanggal 7 Januari 1984
7. Vietnam masuk pada tanggal 28 Juli 1995
8. Myanmar masuk pada tanggal 23 Juli 1997
9. Laos masuk pada tanggal 23 Juli 1997
10. Kamboja masuk pada tanggal 30 April 1999

Demkianlah sejarah pembentukkan ASEAN beserta daftar negara anggotanya. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat menambah wawasan kamu ya!