Rekomendasi Perguruan Tinggi di Yogyakarta

Rekomendasi Perguruan Tinggi di Yogyakarta – Yogyakarta memang punya daya tarik tersendiri bagi kalangan pelajar, sampai-sampai provinsi ini dikenal sebagai kota pelajar. Tentu Jogja (Yogyakarta) memiliki banyak kampus negeri maupun swasta yang bagus sebagai tempat kuliah. Selain banyak pilihan kampus, suasana di Yogyakarta tentu akan membuat kamu nyaman untuk kuliah di kota Jogja.

Untuk menentukan kampus terbaik di Jogja juga menjadi hal yang penting bagi kamu disaat memutuskan untuk melanjutkan kuliahmu disana. Berikut kita akan membahas daftar kampus di Yogyakarta sebagai referensi kamu!

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Percaya kan, kalau UGM menduduki peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik di Yogyakarta menurut versi apapun? Termasuk menurut kriteria atau versi Kemenristekdikti tahun 2018, UGM tetap yang terbaik. Dan nggak cuma di Yogyakarta sih sebenarnya, UGM adalah yang terbaik senusantara!

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Selain UGM, UNY juga menjadi salah satu kampus yang menjadi favorit calon mahasiswa di Yogyakarta. Kampus ini memiliki 8 fakultas termasuk program pasca sarjana. Kampus ini juga menyediakan program beasiswa baik beasiswa pemerintah maupun swasta.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Jika kamu ingin kuliah di perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, maka UMY dapat menjadi tempat kuliah yang kamu pilih. Kampus ini memiliki akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT.

4. Universitas Sanata Dharma

Tak kalah dari universitas lainnya, USD juga punya reputasi yang tetap terjaga selama puluhan tahun dalam bidang pendidikan dan pencetak tenaga pendidik. Bahkan kini, Akuntansi, Psikologi, dan Farmasi juga menjadi jurusan favorit di USD.

5. Universitas Islam Indonesia

Berstatus sebagai PTS, UII adalah salah satu yang tertua di Yogyakarta. Kenapa universitas ini berada dalam lima besar Kemenristekdikti dan dapat bersaing ketat dengan PTN besar di Yogyakarta? Sebabnya, sebagian besar jurusan atau program studinya telah terakreditasi A oleh BAN PT.

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Dari keenam fakultasnya, UAJY sudah punya kelas berstandar internasional, lho! Berada diposisi keenam pada versi Kemenristekdikti, UAJY juga menjadi salah satu PTS terbaik di Yogyakarta. BAN PT sendiri mengakreditasi UAJY pada grade A sebagai sebuah institusi.

7. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kamu yang udah mantengin perguruan tinggi mana dengan jurusan seni terbaik, pasti nggak akan melewatkan ISI Yogyakarta. Menurut rangking perguruan tinggi di seluruh dunia pada 2018 oleh Quacquarelli Symonds, ISI Yogyakarta berada diperingkat ke-17 pada subyek Performing Arts – klop sama Kemenristekdikti yang mendudukkannya di peringkat ketujuh.

8. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta

UAD menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang dapat dipertimbangkan untuk menempuh pendidikan. Kampus ini sudah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat A.

UAD memiliki 11 fakultas dengan program pendidikan D4 dan S1. Untuk masuk ke UAD, kamu dapat memilih salah satu dari beberapa tahap seleksi diantaranya PMDK, PSB, PBT, CBT, SBMPTMU, Beasiswa dan program lainnya.