Cara Dapat Beasiswa Full Di Singapura

Beasiswa Full Di Singapura – Ada sejumlah alasan mengapa Singapura bisa menjadi salah satu negara pilihan untuk melajutkan studi.

Singapura adalah negara di pulau kecil, di bagian selatan Semenanjung Malaya. Salah satu alasan mengapa Singapura begitu terkenal adalah karena menempati ranking-4 negara dengan stabilitad ekonomi terbaik di dunia.

Selain itu, lokasinya yang tak jauh dari Indonesia, yakni hanya membutuhkan perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan pesawat. Singapura juga merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan tingkat pendidikan dan kesejahteraan ekonomi terbaik.

Mencari beasiswa kuliah di Singapura adalah langkah yang tepat, karena pemerintah Singapura memiliki perhatian besar terhadap dunia pendidikan. Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Singapura, berikut beberapa cara agar memperoleh beasiswa penuh di Singapura.

Singapore Goverment Scholarships

Pemerintah Singapura memberikan beasiswa khusus ini bagi negara-negara dalam anggota ASEAN. Beasiswa tersebut merupakan program bantuan penuh, dari awal keberangkatan hingga meraih gelar S1 di pilihan universitas Singapura berikut:

  • National University of Singapore
  • Singapore Management University
  • Nanyang Technological University

Setelah lulus nanti, kamu harus segera kembali serta melakukan kontribusi pembangunan yang positif di Indonesia, karena beasiswa tersebut tidak mengikat.

Tidak hanya beasiswa penuh, kamu juga akan memperoleh tunjangan hingga SG$ 4.300 setiap tahun. Serta biaya akomodasi di setiap universitas per semester dan satu tiket pesawat ekonomi yang tersedia untuk berangkat ke Singapura.

NUS Graduate Student Scholarship

Program beasiswa ini hanya tersedia untuk pelajar internasional dari negara ASEAN. Penerima beasiswa akan kuliah di National University of Singapore untuk program studi Master atau PhD. Bahkan kamu dapat kerja di Humaniora serta Ilmu Sosial.

Mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa kuliah di Singapura ini mendapatkan tunjangan hingga SG$ 1.000, bantuan perumahan SG$ 250 per bulan, dan kebutuhan lainnya SG$250.

Science and Technology Scholarship

Mahasiswa baru dari Asia juga dapat kuliah di Singapura. program beasiswa ini tersedia untuk mendukung mahasiswa berprestasi dengan nilai dan hal menarik lainnya sesuai surat lamaran.

Bagi peserta penerima beasiswa, maka akan memperoleh MOE Tuition Grant Subsidy serta biaya wajib. Setiap tahunnya, kamu juga akan memperoleh tunjangan hingga S$ 6.000 serta tunjangan menetap satu kali ketika pendaftaran sebesar SG$ 200.

Fasilitas lainnya adalah dua tiket pesawat kelas ekonomi gratis. Yang bisa digunakan ketika hendak ke Singapura untuk masuk kuliah serta hendak kembali ke Indonesia setelah lulus kuliah.

Beasiswa tersebut khusus bagi mahasiswa yang ingin kuliah jurusan Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Lingkungan, Ilmu Teknik, Ilmu Komputer, Teknik Sipil, Analisis Bisnis, Teknik Biomedis, Teknik Kimia, Studi Lingkungan Hidup, Industri Mesin, Teknik Mesin, serta Sains. Durasi beasiswa di tentukan oleh NUS dan hanya untuk mahasiswa dengan IPK 3,5.

Beasiswa Kuliah Singapura – Dr Goh Keng Swee

Beasiswa tersebut di sediakan oleh pihak swasta dan di kelola Asosiasi Bank Singapura. Dan hanya dibuka untuk mahasiswa berprestasi yang berasal dari 15 negara Asia-pasifik dan setiap tahunnya hanya tersedia sebanyak tiga sampai empat program. Yang dimana artinya, selain kamu harus bersaing dengan pelajar Indonesia, kamu juga harus bersaing dengan pelajar berprestasi dari Thailand, Filipina, Malaysia, Myanmar dan lainnya.

Beasiswa yang memberikan bantuan pendidikan selama 4 tahun ini juga memberikan tunjangan sebesar S$ 6.500 per tahun. Ketika mendaftar dan dalam tahap penyisihan, kamu akan memperoleh S$ 200. Bantuan biaya hostel sesuai kampus, tiket pesawat, serta biaya kuliah dan biaya wajib juga tersedia.

Setelah lulus nanti pun, kamu harus bekerja setidaknya 3 tahun di salah satu perusahaan di Singapura atau Indonesia.

Itulah tadi informasi tentang apa saja beasiswa kuliah di Singapura.